Daftar jadi Kreator

6 Jenis Kreator

Beberapa jenis kreator edukator, blogger, pengajar, penulis, youtuber, influencer

Edukator



Edukator atau pengajar biasanya fokus mengumpulkan berbagai informasi yang sesuai dengan keahlian mereka yang diluapkan ke dalam konten, sehingga penontonnya dapat dengan mudah mempelajarinya. Mereka membuat panduan step-by-step, atau menjelaskan topik tertentu


Mereka membuat konten edukasi dalam beberapa format seperti postingan blog, newsletter, deskripsi di instagram post, video di YouTube, Twitter thread, kelas online webinar, ataupun kursus berbayar.


Apapun formatnya, tujuan akhir kreator ini adalah untuk menjadi seseorang yang bisa ngasih tips dan pandangannya terhadap sebuah topik, termasuk soal kreativitas, bisnis online, nutrisi, personal finance, dan lain sebagainya.


Blogger

Seperti namanya, blogger adalah seorang konten kreator yang membuat kontennya dalam sebuah blog. Blog mulai populer dari tahun 2000an dan sosial media mengubah kreator untuk meningkatkan jumlah pengikutnya.


Namun, blogger masih menjadi jenis kreator yang besar kedua.


Fashion, Traveling, Food, Health adalah kategori yang umum bagi blogger. Postingan blog mereka biasanya berfokus pada pengalaman mereka sendiri seperti resep makanan, perjalanan traveling, dll. Seorang blogger pastinya ingin menjadi sumber inspirasi bagi pembacanya


Pengajar

Pengajar adalah salah satu kreator yang berfokus pada edukasi. Yang membedakan edukator dan pengajar adalah pengajar biasanya mengadakan sesi 1:1 ataupun dalam beberapa orang.


Penulis

Jenis kreator ini sudah ada sejak dahulu, mereka biasanya menulis sebuah buku, baik diterbitkan dalam bentuk ebook, ataupun cetakan buku kertas.


Penulis memiliki tujuan: menerbitkan buku mereka kepada pembaca yang sudah bersemangat dan tidak sabar untuk membacanya.


Penulis ini sangat luar biasa, mereka bisa saja menulis pengalaman mereka yang dikemas menjadi 200 halaman atau lebih. Maka, tujuan penulis adalah menjangkau pembaca yang tepat pada waktu yang tepat dengan sebuah buku yang dapat mengubah hidup mereka menjadi lebih baik.


Youtuber

YouTuber adalah kreator yang membangun bisnis kreatifnya dengan memublikasikan video di saluran YouTube mereka secara rutin—sekali atau lebih per minggu. YouTube adalah cara mereka memulai dan dari mana perjalanan kreator mereka berkembang.


Jika Anda memiliki YouTuber favorit (atau beberapa), Anda tahu bahwa banyak dari mereka mulai memposting di YouTube untuk mengisi waktu luang.


Buat mereka yang tidak memiliki teman yang menyukai riasan, mereka mulai membuat video kecantikan. YouTuber mengutamakan koneksi dengan penonton mereka.


Influencer

Istilah influencer telah menjadi istilah umum bagi para konten kreator yang mengingkan pendapatan secara online. Influencer adalah pembuat konten yang memfokuskan upaya mereka pada satu platform utama yang menampung semua konten yang mereka miliki.


Mereka menggunakan satu atau dua platform media sosial untuk memberikan semua nilai dan hiburan, dan mempertahankan semua keterlibatan mereka dengan pengikut di sana.


Influencer biasanya bermitra dengan brand dan menerima sponsor untuk mendapatkan pendapatan mereka dari audiens mereka. Pendapatan lainnya yaitu termasuk produk digital seperti unduhan yang dapat dicetak atau preset pengeditan foto, yang sering dijual melalui platform jual beli produk digital seperti Nih Buat Jajan.